Minggu, 20 Desember 2015

Tari Reog Ponorogo



Hasil gambar untuk tari reogReog adalah salah satu tarian tradisional Indonesia yang masih kental dengan hal-hal yang berbau mistik. Reog berasal dari Jawa Timur yang tapetnya pada kota ponorogo. Gerbang kota ponorogo dihiasi oleh gemblak dan warok. 

Pesan politis Ki Ageng Kutu  yang disampaikan melalui pertunjukan seni Reog, merupakan "sindiran" kepada Raja Kerta  bhumi dan kerajaannya. Pagelaran Reog menjadi cara Ki Ageng Kutu untuk  membangun perlawanan bersama masyarakat lokal menggunakan kepopuleran Reog. Reog ditampilkan dengan kepala singa yang berbentuk kepala singa yang dikenal singa barong serta bulu merak yang menyerupai kipas raksasa yang menyimbolkan betapa kuatnya pengaruh para rekannya untuk mengatur  dari atas segala gerak-geriknya. Bertambahnya karakter cerita rakyat seperti Dewi Songgolangit, Sri Genthayu dan Kelono Sewandono.

tari Reog Ponorogo biasanya dipentaskan dalam beberapa acara penting seperti khitanan, hari-hari besar nasional dan pernikahan. Seni reog tidak mengikuti skenario yang telah tersusun rapi. Disini selalu ada interaksi anatara dalang dan pemain serta terkadang penonton. Latihan spiritual dan bertapa yang mampu untuk membawa topeng seberat 50 kg sampai 60 kg menggunakan gigi. 

Tokoh-tokoh dalam seni reog ponoogo:

1.      Warok ialah orang yang mempunyai tekat suci, perlindungan tanpa pamrih dan memberikan tuntunan yang baik.
2.      Jathil ialah para prajurit berkuda dan salah satu tokoh seni dalam reog.
3.      Barongan ialah peralatan tari yang paling dominan dalam kesenian reog.
4.      Klono Sewandono ialah raja sakti mandraguna memiliki pusaka cemeti.
5.      Bujang Gonang ialah tokoh yang kocak,, enerjik dan memiliki keahlian dlam seni bela diri .

Kita sebagai penerus bangsa harus senantiasa memelihara dan melestarikan kekayaan budaya di Indonesia. 


http://dbagus.com/berbagai-makanan-khas-indonesia-yang-mendunia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar