Minggu, 20 Desember 2015

Sejarah Cantiknya kain songket



Hasil gambar untuk kain songketSongket ialah salah satu jenis kain tenunan traddisional minangkabau dan melayu yang terdapat di Indonesia, brunei dan malaysia. Songket ditenun menggunakan kain emas dan perak biasanya digunakan pada peristiwa dan acara penting. 

Menurut tradisi yang berlaku kain songket hanya boleh ditenun oleh gadis remaja atau anak dara tetapi kini kaum lelakipun ikut menenun kain songket. Kain songket ditenun pada alat tenun bambu bingkai melayu. Pola-pola yang rumit dan benang-benang emas atau perak serta penggunaan sehelai jarum leper. 

Motif-motif yang sudah dipantenkan oleh Direktorat Jendral Hak Kekayaan Intelektual Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia baru 22 dari 71 motif. Dari 22 motif tersebut diantaranya ialah  motif buah palo, barantai putiah, simasam, silala rabah, baserk, sirangkak, saik kalamia, barantai merah, tampuak manggih,salapah, kunang-kunang, cukie, api-api, bungo intan,nampan perak, limar baranti dan lepus pulis. 

Kain ini biasanya disangkut pautka dengan kain mewah para bangsawan yang menunjukan kemuliaan martabat dan derajat pemakainya. Berasal dari kerajinan tradisional industri songket kini berkembang pesat dan dinamis. Penerapa kain songket pada era globalisasi dan modern kini dapat dijumpai sebagai tas wanita, songkok, sampai kantung ponsel.


http://wikiwisata.com/tempat-wisata-di-surabaya-paling-menarik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar