Minggu, 20 Desember 2015

Rumah Gadang Sumatra Barat



Hasil gambar untuk ukiran rumah gadangRumahgadang adalah asalah satu rumah tradisional Indonesia tepanya rumah adat Minangkabau di provinsi Sumatra Barat. Masyarakat setempat biasanya menyebutnya dengan rumah Bagonjong atau baajuang.

Sebagai tempat tinggal bersama keluarga, rumah ini memiliki ketentuan seperti jumlah kamar sesuai  dengan jumlah perempuan yang tinggal dirumah tersebut. Setiap perempuan dalam kaum tersebut yang sudah bersuami memperoleh sebuah kamar sedangkan perempuan tua dan anak-anak memperoleh kamar dekat dapur. Seluruh ruangan pada rumah gadang merupakan ruangan lepas kecuali kamar tidur. Ruangnya terdiri dari jumlah yang ganjil antara tiga sampai sebelas.

Dihalaman depan rumah Gadang biasanya terdapat dua buah bangunan untuk menyimpan padi. Tidak jauh dari rumah biasanya dibangun sebuah surau yang berfungsi sebagai tempat pendidikan, tempat ibadah dan tempat tinggal kaum lelaki yang belum menikah. 

Hasil gambar untuk ukiran rumah gadangRumah adat Minangkabau ini memiliki bentuk arsitektur yang unik yaitu atap yang runcing menyerupai tanduk kerbau. Dahulu atapnya terbuat dari ijuk yang dapat bertahan sampai puluhan tahun tetapi belakangan ini diganti dengan  atap seng. Bagian depan rumah biasanya dipenuhi dengna ukiran ornamen. Arsitektur rumah gadang juga diperuntukan untuk tahan gempa. 



Motif  yang terdapat pada ukiran rumah gadang ialah akar yang berdaun, berbunga dan berbuah. Disamping itu jga terdapat motif geometri seperti segi empat, segi tiga, dan jajar genjang. 


http://wikiwisata.com/tempat-wisata-di-surabaya-paling-menarik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar